Kecemasan Matematik (Math Anxiety)
Hallo................
Kali
ini saya akan membahas sedikit mengenai apa itu math phobia atau
seringkali disebut secara umum yaitu Math Anxiety. Disini saya akan
menjelaskan berdasar atas beberapa sumber hasil gugling di internet
hehe.
Kecemasan matematika (math anxiety) dapat didefinisikan
sebagai perasaan ketegangan dan kecemasan yang mengganggu seseorang
terkait manipulasi angka dan pemecahan masalah matematika dalam berbagai
kehidupan sehari-hari maupun situasi akademik.
Mathematical Anxiety atau mathphobia menurut Reys, dkk. (1998) (dalam Afgani D. Jarnawi, 2011) adalah ketakutan terhadap matematika atau
prasangka negatif tentang matematika. Nugraha (2006) (dalam Afgani D.
Jarnawi, 2011) memberikan pengertian bahwa cemas pada matematika
berarti cemas pada mata pelajaran matematika dan yang berhubungan
dengannya, seperti cemas tidak mengerjakan soal, cemas pada saat ditanya
oleh guru.
Kecemasan
matematika sangat nyata dan terjadi di antara ribuan orang. Sebagian
besar kegelisahan ini terjadi di kelas karena kurangnya pertimbangan
gaya belajar yang berbeda dari siswa. Saat ini, kebutuhan masyarakat
memerlukan kebutuhan yang lebih besar untuk matematika. Matematika harus
dipandang secara positif untuk mengurangi kecemasan matematika. Oleh
karena itu, guru harus memeriksa kembali metode pengajaran tradisional
yang sering tidak cocok dengan gaya belajar siswa dan keterampilan yang
diperlukan dalam masyarakat. Pelajaran harus disajikan dalam berbagai
cara. Misalnya, konsep baru dapat diajarkan melalui bermain akting,
kelompok koperasi, alat bantu visual, kegiatan nyata dan teknologi.
Akibatnya setelah siswa melihat matematika menyenangkan, mereka akan
menikmatinya, dan matematika yang menyenangkan bisa tetap bersama mereka
sepanjang hidup mereka.
Menurut Profesor Freedman ada 10 cara untuk mengatasi kecemasan matematika:
Ten Ways To Reduce Math Anxiety
- Overcome negative self-talk.
- Ask questions.
- Consider math a foreign language — it must be practiced.
- Don’t rely on memorization to study mathematics.
- READ your math text.
- Study math according to YOUR LEARNING STYLE.
- Get help the same day you don’t understand.
- Be relaxed and comfortable while studying math.
- “TALK” mathematics.
- Develop responsibility for your own successes and failures.
(Freedman, 2012)
Dari uraian pendapat diatas, beberapa hal ini mungkin dapat meminimalkan kecemasan matematika:
- memberikan penjelasan rasional pada siswanya mengapa mereka harus belajar matematika;
- menanamkan rasa percaya diri terhadap siswa bahwa mereka bisa belajar matematika, kita dapat memberikan latihan-latihan soal yang mudah-mudah saja sehingga mereka bisa mengerjakan soal-soal tersebut;
- menghilangkan prasangka negatif terhadap matematika, dengan cara memberikan contoh-contoh yang sederhana sampai dengan yang kompleks tentang kegunaan matematika;
- membelajarkan matematika dengan berbagai metode yang bisa mengakomodir berbagai model belajar siswa;
- Tidak mengutamakan hafalan dalam pembelajaran matematika;
- Pada saat pembelajaran matematika, jadikan kelas matematika menjadi kelas yang menyenangkan dan nyaman;
- Pada saat bertemu dengan siswa kita dimanapun, jangan segan-segan untuk menyisipkan pembicaraan yang menyangkut tentang pembelajaran matematika kepada mereka;
- Tanamkan rasa tanggung jawab kepada siswa kita untuk memutuskan kesuksesan mereka;
Oke..... Sekian dulu yang dapat saya bahas mengenai math phobia pada postingan kali semoga ada manfaatnya....
Assalamualaikum....
Komentar
Posting Komentar